Belai mesra kota Jogja~ | Pasar Malam di Kepala

Belai mesra kota Jogja~

Sabtu, 23 Juni 2012
Assalamu'alaikum....
haloha....pripun kabare???
semoga kita semua selalu dalam lingkup selimut rahmat dari sang Kuasa...amin #eh,tumben 
stop,jangan dulu nimpukin gue cuma gegara judul yak...hehehe...
oke,kali ini gue sama sekali nggak ada ide buat kasih pembukaan...dengkul gue lagi nggak mau diajak basa-basi...
jadi langsung aja ya,berhubung gue inget ni hari jakardah ulang taun...makanya gue mau ucapin chlamat ulang tahun eaa...semoga apa-apanya semakin membaik deh...oh iya,gue kangen nih...semoga suatu saat Allah kasih gue kesempatan buat kembali memijakkan angan dan joget iwakpeyek bareng ondel-ondel disono...hahaha...
berhubung hal ntu juga,sekarang gue mau bahas tentang apa-apa yang istimewa di Daerah Istimewa Yogyakarta...
"Bah..hubungannya apa Ka????malah nyambung ke Jogja!!!"
"hahaha...entahlah...tapi,ya gue lagi pengen ngomongin Jogja aja...tempat dimana sekarang gue mencari makna atas hidup gue yang payah ini... "
jadi,beberapa hari yang lalu kan sempet heboh nih,berita tentang Nazar yang kawin ama janda kaya raya Malaysia yang lagi-lagi meng-claim budaya Indonesia...tapi,menurut gue,itu kita nya juga yang salah...
sadar nggak sih,kalo kita udah mulai lupa sama budaya yang kita punya??sebagai remaja,jujur gue jawab IYA...contohnya ya,gue sering denger temen-temen di sekolah yang ngomong pake bahasa Indonesia dalam keseharian...oke,itu emang bahasa persatuan...tapi ya digunainnya pas waktu-waktu formal aja bisa kali??udah jawa mah jawa aja!!
"lah,lu sendiri sering pake bahasa Indonesia kan Ka??"
"iya,tapi kan kalo di socmed aja!! itu karna nggak semua temen di dumay ngarti bahasa jawa..."
"ih,kok tumben-tumbenan Ka,lo bahas beginian???trus,ini udah jam berapa Ka???lo mau ngeronda???"
"ah brisik!! nih ya,
1)gue lempeng gegara barusan nonton War of the Worlds yang entah kenapa bikin gue megap-megap ampe sekarang!! pilem nya sumpah mengerikan!!! (nggak juga sih,gue nya yang lebay!)
untung ada ayang Tom Krus yang mem-puk-puk akyuuuh...
#INI NGACO
2)GUE BUKANNYA NGERONDA!! mmm.....mmm....yah...kan tau sendiri kalo jomblo mah nggak ada yang ngingetin buat bobok~  
oke,cukup,JANGAN BIKIN GUE GALAU!!!GUE UDAH JANJI BUAT ANTI GALAU YA!!!
oke,mulai...simak gue baik-baik...!!
Daerah Istimewa Yogyakarta adalah negara api suatu propinsi di jawa tengah yang udah pake sistem otonomi daerah...nah,uniknya,disini masih ada sistem kerajaan dimana om Raja menjabat sekaligus sebagai gubernur di propinsinya ini...
berikut adalah hal-hal yang nggak mungkin kalian temui selain di Jogja...


1)TUGU JOGJA
                       
                             
yap,bangunan yang jadi simbol kota Jogja ini tentu nggak ada di kota manapun selain di Jogja..
lokasinya pas di tengah-tengah perempatan jl.mangkubumi,jl.jendral sudirman,jl.AM sangaji,ama jl.pangeran diponegoro.
denger-denger ini tugu umurnya udah 3 abad...beeeh...seusia ama kejombloan gue ni kayaknya!!
menurut yang gue baca disini,tugu ini tingginya cuma 10-15 meter doang..makanya,niat gue buat bunuh diri disini selalu gagal...abis lompat,paling cuma bonyok-bonyok doang badan gue!!

2)MALIOBORO
                     
                                  
Ini adalah surga buat yang doyan belanja-belanja...
tapi tenang aja...disini nggak akan ada banyak acara perpisahan antara dompet dengan pahlawan-pahlawan di dalamnya ...karna barang-barang disini murah meriah cuy...yaaa tinggal pinter-pinteran nawar nya aja sih...
di jamin...sepanjang malioboro ini bakal jadi jalan kenangan buat kalian yang muter-muter nya sambil gandengan ama pasangan..
jalan-jalan bedua...suap-suapan es krim...naik andong...ditemenin ama gemerlap suasana eksotis kota Jogja....beeeeehhhh... CUKUP,GUE NGGAK TAHAN!!!

3)ANGKRINGAN

                                  
   ini adalah warung makan kaki lima yang bakal banyak dijumpai kalo kalian muter-muter Jogja...
menu nya sederhana sesederhana harga nya...ada nasi kucing,sate telor puyuh,mendoan,dan laen-laen...
selain murah tapi nggakmurahan,makan di angkringan ini juga bakal jadimoment buat yang berkunjung ke Jog
ja...suasana nya meeeeennn....
"nikmati bersama,suasana Jogjaaaaaaa~"
"udah Ka,udah!!!kasian tetangga lo yang tak berdosa...."

4)UPACARA SEKATEN
           
                            
   ini adalah upacara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW...biasanya disebut "grebeg Mulud"
Ditandai dengan iring-iringan Gunungan yang diarak dari dalam Keraton menuju Masjid Gedhe untuk di-doakan, untuk selanjutnya gunungan tersebut akan diperebutkan oleh masyarakat yang hadir (ngalap berkah). Dalam arak-arakan ini pula, akan ditampilkan parade prajurit keraton Jogjakarta dalam pakaian dan formasi yang lengkap.<===ngopy di sini
nah,sebulan sebelum upacara ini,diadain dulu yang namanya pasar malem sekaten...
                                  
selama 4 tahun di Jogja,tiap ke sekaten gue selalu bareng orang tua...ngliatin muda-mudi gandengan,suap-suapan Harumanis,naek komedi puter beduaan...pfffffft....sementara gue.............ah,sudahlah...

5)SENDRA TARI RAMAYANA 
                    
                             
   nah,ini adalah pagelaran semacam kethoprak gitu kalo ngga salah,tapi dikemas dengan model tari-tarian...jadi ngga pake dialog...ini adalah suatu pagelaran tari yang cukup sukses bertahan ditengah maraknya boyben-gerben...
kalo mau nonton,dateng aja,lokasinya di deket candi prambanan...sayangnya,pelajar mah jarang yang tertarik nonton,selain pada gengsi,abis tiketnya mahal sih...kalo nggak salah sekitar gocap keatas gitu...mendingan gue nonton kethoprak di TE-PE-ER-I aja deh...

6)PANTAI
  nah...kalo masalah pantai,di Jogja ada banyak banget pantai yang bisa dikunjungi,mulai Parangtritis, Parangkusumo, Samas, Glagah, Krakal, Kukup, Baron, Sepanjang, Wedi Ombo, Siung, dll.mulai yang pasir putih,sampe yang ngga ada pasirnya...bhahaha...
tapi,yang paling eksis ya tentu Pantai Parang Tritis doooong..
                                
terletak 27 km dari kota Jogja,pantai yang juga Eksis dengan cerita Nyi Ratu Kidulnya ini punya daya eksotisme tersendiri loh...STOP,JANGAN SAMPE YANG KEBAHAS ROMANTIS-ROMANTISAN LAGI!!!

kalo mau tau pantai-pantai yanglaen,bisabaca disini
 
7)BAHASA
oke,gue tau di Jogja bahasanya pake bahasa jawa,dan gue juga tau kalo yang pake bahasa jawa bukan cuma Jogja...tapiiiiiii....kata orang-orang nih ya,bahasa yang di pake orang Jogja itu beda loh...
terkesan lebih halus dengan tingkatan2 nya sendiri...
misal,kalo ngomong ke yang sepantaran itu pake nya bahasa Jawa NGOKO..sedangkan kalo ama yang tuaan ya make yang jawa KRAMA...
contoh ni ya...
mau kemana???
ngoko==> arep neng ngendi???
krama==> ajeng tindhak pundi???
itu pun masih ada tingkatan ke yang leih halus lainnya,cuman gue belum bisa...hehehe
ribet emang,tapi itu lah kerennya....

8)SELAWATAN

                                    
 yak,ini adalah kesenian yang barbau keagamaan.
jadi,biasanya kalo malem gue suka denger suara orang-orang nyanyi-nyanyi gitu,tapi bukan nyanyi juga sih...apalagi dangdutan!!
nyanyiannya tuh pake bahasa jawa yang gue sendiri nggak pernah ngerti artinya apa,cuman,itu intinya berisi puji-pujian dan doa buat Nabi Agung Muhammad SAW...terus diiringin pake alat musik tabok..semacam rebana gitu...makanya namanya selawatan...
walopun awalnya suka serem dengerinnya,tapi lama-lama kebiasaan kok...malah kaya dinina boboin gityuuuh...sekarang mah yang maen selawatan gitu engkong-engkong semua...anak muda jarang ada yang tau mengenai yang satu ini... :(

oke,kayaknya segitu dulu ya...gue udah ngantuk...ya...meskipun rencananya besok mau bolos sekolah,tapi tetep aja,namanya juga cewek...harus bangun pagi...teru maen masak-masakkan deh ama emak...
lagipula...takut kesiangan sholat subuhnya,secara kan nggak bakal ada yang sms-in gue buat ngucapin
"pagiiii,bangun yuk,sholat subuh... :)"....
huuuuuuuuft....Jogja memang menyimpan keromantisan tersendiri di tiap sudutnya...
kalo ada yang mau berbagi cerita tentang kotanya,silahkan tambah di comment box ya...
atau kalo ada yang salah minta tolong kasih tau ya...biar bisa benerin... ;)
sementara itu biarkan sejenak ku renungkan sunyi hati ku ditengah hiruk-pikuk semilir cinta kota Jogja...#eaaaaa #ikagalau #nggakpunyashower #caridispenser #galonkosong #yaudah,berendemdibak #hestekmacamapaini???
sekian dan terimakasih wassalam




tertanda
-jomblo

34 jejak:

r10 mengatakan...

aku paling ga suka diminta nontong wayang #eh


mending ke bioskop deh :p

septi ika lestari mengatakan...

bhahaha... bioskop bayar!!
kalo wayang kan gratis...nontonnya oake layar tancep gitu.. -___-"

Rospita Nur Fazriah mengatakan...

dari 8 hal yang istimewa itu, cuma selawatan dan sekaten yang belom gue alami secara langsung kronologis ritualnya :D
kalo pantai juga, gue cuma pernah menjamah parangtritis, glagah dan depok :') gue kesono bareng ehem (maap) pacar. huahahahaa #SengajaBikinIkaGalau

Wahyu Prakoso mengatakan...

Wuih. Parang Tritis, pake baju ijo yuk ! << cari masalah wkwkwk

latifa amalia sagitta syahril mengatakan...

Kritik dikit, nih. Hehe
Itu intronya terlalu panjang dan agak kurang rapi, ya. Jadi pembaca males duluan hehe

Nah, mau nambahin pantai, nih. Beberapa bulan lalu gua ke pantai Sundak (Wonosari). Itu letaknya dibarisan Baron, Kukup, dll. Itu bagus banget, masih jarang dijamah. Pasirnya putih, airnya bening. Kalo parangtritis itu gua ibaratin sebagai 'Ancol' nya Jogja :p
Hehe segitu aja deh komennya.

latifa amalia sagitta syahril mengatakan...

Oh iya, setelah gua baca ulang. Itu agak oksimoron ya diatas. Lo nulis lagi nggak pingin basa-basi, tapi abis itu basa-basinya kepanjangan, segala HUT Jakarta dibawa-bawa hehe.
Kalo aja intronya sedikit, ini postingannya bagus. Mirip artikel-artikelnya oom detik.com hihi :))

dian novita mengatakan...

dan itu semua yang membuat aku terkesan tinggal disini. di jogja yang mengajarkanku tentang ramah terhadap siapapun. kenal gak kenal, senyum selalu menyapa. :D

dan ditugu lah aku menemukan sang pujaan hati #eh
hahhaha
nice post :)

Mas Gemboool mengatakan...

tau gak tinggi Tugu Jogjakarta itu berapa? (penting nih...) hahha

dunia DEE intan mengatakan...

toss,podo wong jowone sing ora iso ngomong boso inggil :)

Annisa Ratu mengatakan...

jogja. jadi inget pas study tour SMP deh :')
waktu itu temen gue yang orang jogja bilang, "ris, kalau mau belanja di malioboro lo harus pake bahasa jawa biar dimurahin." eh ternyata pas si faris tanya harga begini; "mas, regane beropo?" ngakak :D harusnya kan begini; "mas, piro regane?"
Eh kok jadi curhat :p

Cecegaresek mengatakan...

aku orang jawa tulen, tapi kalo di ajak nonton wayang aku.. -___-' *kecuali kalo yang ngajak si dia #tapiakugapunya :'(
sip.. nice post dah... keep our culture :p

septi ika lestari mengatakan...

haha...selawatan emang adanya di kampung2 doang deh mbak kayanya...
eh,komen yang bawah sebagian text hilang,jadiaku nggak baca :)

septi ika lestari mengatakan...

nantang nih mas Wahyu...

septi ika lestari mengatakan...

duh,aku malah belom pernah ke pantai itu... :(

btw,makasih banyak ya mbak masukannya...membangun banget...
emang dasarnya aku tu cerewet soalnya,hehe...
semoga lain kali bisa lebih rapi dan mutu dalam menyusun kalimat...

septi ika lestari mengatakan...

jadi,kalo mau dapet pachal harus cari di tugu ya mbak??? #eh

btw,makasih mbak kunjungannya :)

septi ika lestari mengatakan...

kira2 10-15 meter mas...di postingan ada kok :)

septi ika lestari mengatakan...

hehehe..toossss
yaaa belajar dikit-dikit lah mbak...
kalo yang orang jawa aja nggak bisa,siapa yg mau ngenalin ke dunia luar??<===SOK BEUDDD

septi ika lestari mengatakan...

bhahahahaha...ngakak!!!
tapi emang bener tuh,kalo ketauan pelancong,biasanya bakal di kasih harga "spesial" gitu...

septi ika lestari mengatakan...

hahaha...buruan cari mbak...ajak deh tu begadang nonton wayang..<==sok ngajarin,sendirinya ajaaaaaaa....sudahlah.
yeay,kip awer kulchur.... :D

Laini Laitu mengatakan...

Aku paling suka ke Kali Code...
suasananya itu loh..
Ajibbb :D

Adittya Regas mengatakan...

kapan ya bisa ke jogja...

ini post gue yang tentang banjarmasin kalao pagi hari www.adittyaregas.com/2012/02/pidio-ta-tugas-akhirat.html

:p

septi ika lestari mengatakan...

yaaahh...dan aku malah belom pernah ke kali code..:(

JuniInvasion mengatakan...

Dedengkot pantai selatan muncul~~

septi ika lestari mengatakan...

ayoooo...kesini..ntar aku kasih gudeg :)

okesip,kapan2 baca :)

septi ika lestari mengatakan...

dedengkot apaan Jun???

affanibnu mengatakan...

saya jadi kangen jogja lagi..!

4,5 tahun kuliah disana bisa merubah jalan hidup saya.. !

btw soal tugu tuh, kayaknya bentuknya sudah berubah di bagian aspalnya.. :D

SuSet mengatakan...

Blog nya keren, hehehe,

newbie nih :), kalo mau tau tentang kota Batam, mampir yah :)

Uzay mengatakan...

Lo beneran pernah ke jakarta? #agak nggak percaya

Sumpah ya kota yang dari pengen temuin ya jogja, tapi kagak pernah kesampeaaaaaaaan. gagal mulu..

bener dah setuju pisan balik lagi ke diri orang indonesia, merasa mempertahankan budaya sendiri nggak? setidaknya mengakui deh kalau udah di bondol maling baru treak..

septi ika lestari mengatakan...

hehehe...ya walopun udah nggak kuliah disini,tetep bisa kan main2 lagi???

iya,itu gambar emang bukan poto asli...cuma asal nyomot dari gugel :)

septi ika lestari mengatakan...

makasih...(padahal ini masih cemen banget -_____-" )

mampir ke blog nya kan??bukan ke batam??#okesip

septi ika lestari mengatakan...

-_____-" diragukan....
pernah bang,10 taunan nge-gembel disonoh...ortu merantau :)

bhahaha....iya ya bang,semoga aku nggak gitu,biar nggak ngomong doang :)

septi ika lestari mengatakan...

eh lupa..*doain bang Ujay biar kesampean ke jogjanya...*

Fiscus Wannabe mengatakan...

jadi makin pengen dateng jke Jogja, belom pernah soalnya. :S

septi ika lestari mengatakan...

nah,ayo..
semoga bisa terlaksana ya keinginannya buat kesini... :D