"JANGAN CURI BUDAYA KITA" wahai tetangga!! | Pasar Malam di Kepala

"JANGAN CURI BUDAYA KITA" wahai tetangga!!

Rabu, 18 Juli 2012
 Assalamu’alaikum…..
Haloha epribadih…pripun kabare???sugeng rawuh wonten blog kula,matur nuwun sanget dhumateng ingkang sampun purun mampir…*sambut yang baca pake tari tor tor*

“wooy,di jawa mah bukan tari tor tor Ka!!”
“Yeee…biarin..daripada gue joget iwakpeyek??lagian tarian Indonesia dari daerah laen kan juga harus dilestariin!!”

Oke,kali ini beta kambek  dengan semangat 45 dan patriotisme yang berkobar-kabur kobar…*iket kepala* *kerek merah putih*
Biarpun hari ini bukan hari kebangkitan nasional,bukan juga hari kemerdekaan RI,apalagi hari eniferseri gue, dalam postingan kali ini gue mau bahas mengenai kebudayaan daerah gue...yakniii... *jeng jeeeeeng*
 “KEBUDAYAAN YOGYAKARTA” 
 


yang kebelet,pipis dulu gih!postingan ini agak panjang soalnya~
mm...adakah yang belum kenal Daerah Istimewa Yogyakarta??
kebangeten deh kalo beneran ada yg belum tau,meskipun belom pernah kesini,seenggaknya udah pernah denger lah ya...kan kota Jogja terkenal...hehehe 
Jogja itu nggak cuma terkenal dengan sebutan kota Gudeg,

belom gaul kalo belom nyobain GUDEG SAMA BAKPHIA!!!

dan Kota Pendidikan, 
tapi juga Kota Budaya! iya,BUDAYA.*sengaja diulang biar dramatis* 
disini,tradisi tumbuh berdampingan dengan modernisasi.alhamdulillah,banyak masyarakat yang masih mau ngelestariin budaya disini.mm....seni Jathilan misalnya...kaya gini nih gambarnya

keren abiiiis!

yeay,banyak loh,anak muda yang masih mau nonton beginian...ya...ada juga sih yang udah genksi.
disini juga masih sering ada pagelaran wayang...sayangnya,gue ngerasa anak sepantaran gue udah jarang yang tertarik nonton wayang...sayang banget!
belom lagi tentang Batiknya...

yah Alhamdulillah,sekarang batik udah banyak dimodifikasi biar senada dengan perkembangan fashion anak g4ho3L jaman sekarang.
tapiiii...ngomong-ngomong Batik,gue jadi kebelet inget suatu tragedi...#biarinlebay


Hm….masih pada inget kan??gimana dengan nggak tau dirinya Negara sebelah ngaku-ngakuin batik yang kita punya???  
Dan,
masih inget juga kan??gimana dengan hebohnya kita mempertahankan kesenian tersebut??    
#okesip,Alhamdulillah kali ini kita berhasil mempertahankannya…Batik,tetap milik Indonesia!!
tapi,udah??gitu doang??
Sampean salah!!!
Sebagai anak muda kece nan gaul,serta berjiwa patriotis,Kita harus tetep ngeronda,ngejagain kebud ayaan,kesenian,dan kekayaan lain yang bangsa kita punyai ini…biar nggak ada lagi kejadian kayak kemaren-kemaren gitu..

“Trus??caranya gimana Ka???”

mm.....Caranya simple kok,di mulai dari INTROPEKSI DIRI     
Yap,ayok,kita ngaca dulu…siapa kita??orang Indonesia kan??
Trus,udah nglakuin apa aja buat bangsa kita??
Jangan yang jauh-jauh deh…
Cukup jawab,APA KALIAN UDAH MELESTARIKAN BUDAYA KITA??yah,paling nggak mengenal deh…
mm…jangan sampe,kita lupa bahkan nggak kenal sama budaya sendiri…apalagi sampe genksi buat berurusan sama yang temanya budaya!! Ckckck…Parah! *elus ketek*
Tapi mari kita jadiin perenungan,kalo kita nya aja udah ogah ngelestariin,gimana bangsa lain mau ngenalin kalo itu punya kita??
oh iya,kan kata Bang Napi,
"kejahatan bukan hanya terjadi karna adanya niat dari pelaku,tapi juga adanya kesempatan!! WASPADALAH,WASPADALAH!!”
nah,kalo kita mulai lengah perihal budaya kita,itu sama aja kita ngasih kesempatan bangsa lain buat ngerebut kan??
 sebagai generasi muda,kita punya tanggung jawab buat ngelanjutin kebudayaan yang kita punya. 
Jadi,pemuda pemudi Indonesia,ayo,kita lestarikan budaya Indonesia,trus kita perkenalkan ke negara-negara lain,biar pada tau kalo itu punya Indonesia...
ayooo...bareng-bareng kita Triak “JANGAN CURI BUDAYA KITA” biar Bangsa lain denger dan nggak berani nyolek-nyolek punya kita! #apaini
Sekian ya..gue takut kebablasen dan malah melenceng dari tema…
Trimakasih buat yang berkenan baca…kapan-kapan mampir ke Jogja ya...entar gue ajarin nari Iwakpeyek Gambyong deh~
Wassalam   *ngacir pake kuda lumping*


59 jejak:

SiKonyol mengatakan...

budaya indonesia itu tak ada tandingannya (i_i)

btw ini posting untuk sebuah eventkah?

Muhammad Irvan Avib Azizi mengatakan...

ngopo ka ..kok jalok di komen ki ??

Han Chaniago mengatakan...

bener

INTROPEKSI DIRI!!

Han Chaniago mengatakan...

bukan event mas,

ini tugas bulanan BSO!!

hari ini, kira2 ada 100 postingan yang bertema ini,

septi ika lestari mengatakan...

yap,dan kita harus menjaganya :)

bener tuh mas Han..mas Konyol barangkali mau bergabung?

septi ika lestari mengatakan...

ben kowe maca...udu meng komen doang...

septi ika lestari mengatakan...

iya..jangan setelah direbut baru kita heboh..hehe

Muhammad Wildan mengatakan...

Gue jadi ngiler liat gudek barusan...

Bayu Putra Abuna mengatakan...

setuju, kita ngaca dulu. Apakah sudah ada kontribusi yang kita lakukan untuk menjaga kebudayan kita sendiri. Harusnya kita lebih care lagi sama kebudayaan sendiri, sebelum kebudayaan tersebut hanya tinggal cerita :D

Kang Harjho 35 mengatakan...

Jogja merupakan salah satu sarang budaya Indonesia... salut untuk jogja...

Glen Tripollo mengatakan...

Udah 3 kali ke Yogya... pengen lagi... lagi... dan lagi... suasana di sana enak banget... >,<

dian novita mengatakan...

sama nih aku juga ngebahas sdikit tentang jogja..
tooss :D

Uchank mengatakan...

Lagi pada bahas budaya yah :D

Keren-keren anak jaman sekarang.
semoga gak Kpop mulu.

Youko mengatakan...

manteeeep... pengen cepetan ke jogja hehe

bakpia pathok itu aku suka hehe. apalagi gudeg..

memang istimewa deh jogja :D
salam solid!!

Laini Laitu mengatakan...

"INTROPEKSI DIRI"
ngebaca tulisan itu mata gue langsung salto #salahfokus

karyakuumy mengatakan...

haha,, kan aneh kalo tiba2 ada tugu di kualalumpurrr
jangan curi budaya jawa

Mudah2an negara tetangga baca ni artikel.. hehe

Fadhli Abdurrahman mengatakan...

ada quote nya bang Napi juga tuh, gakpp ASLI INDONESIA kok :D

Retno Dwi Lestari mengatakan...

AAAKK.. MAU KE JOGJA...
Kota pendidikan. Katanya sampe-sampe tukang becak di sana itu sarjana yah

Fauzi uz-ay mengatakan...

pusing gw bacanya ikaaaaaaaa.....

hmm jogja ya? okesip nggak usah di bahas -_-

Annisa Ratu mengatakan...

bener kakak!! instrospeksi diri! itu yang penting.

btw gue pengen ke JOGJAAAAAAAAAAAAAA LAGIIIIIIIIII

Santai Sejenak | Secangkir Teh Dan Sekerat Roti mengatakan...

jogja itu kota yang ngangenin!

4,5 tahun di jogja buat kuliah rasanya belum puas.. :)
*tapi sudah amat puas dengan kuliahnya, jangan lama2!

ninuk endahsl mengatakan...

horeee anak GAUL dong gue ka wes maem gudek sama bakphia hahha *salah fokus

septi ika lestari mengatakan...

hohoho...makanya,mari ke Jogja ;)

septi ika lestari mengatakan...

yap,itu dia maksud tulisanku... :D

septi ika lestari mengatakan...

yeyeye...tapi tiap daerah punya budaya yg nggak kalah menarik kok :)

septi ika lestari mengatakan...

ayo mas,kesinii..lagi...lagi...dan lagi... \(>o<)/

septi ika lestari mengatakan...

yeeey... *tosss*

septi ika lestari mengatakan...

iya...biar pada inget sama budayanya...
jangan budaya luar mulu yg diapalin ;)

septi ika lestari mengatakan...

ayo...ke Jogja lagi :)
tiap daerah punya keistimewaan tersendiri kok...

salam solid :)

septi ika lestari mengatakan...

mbak... -____-"

septi ika lestari mengatakan...

hahaha...iya ya..

amiiin ,biar pada berasa... :)

septi ika lestari mengatakan...

hehe...iya donks~
daripada pake bahasa inggris quotenya,akunya yg nggak bisa :D

septi ika lestari mengatakan...

yeyeye...MONGGO KE JOGJAAA :)
yaa...mungkin itu sarjana yg kurang beruntung...

septi ika lestari mengatakan...

apanya yg bikin pusing bang?biar lain kali diperbaikin..

huhu...ada yg ngidam bakpia :)

septi ika lestari mengatakan...

MONGGO KE JOGJAAAAAAA

septi ika lestari mengatakan...

orang2nya juga ngangenin loooh~

haha...iya,bersyukur bisa lulus tepat waktu :)

septi ika lestari mengatakan...

selamat mbak...udah ketularan aqiqa...jadi anak gaul~

r10 mengatakan...

makanya buruan patenin gudhek sebelum diklaim negara tetangga :D

srulz mengatakan...

Jathilan... sama jaranan *kuda lumping* itu beda ya kak.. :D

iqball fazarullah mengatakan...

wohooo,,tahun depan pengen kuliah dijogja :D

Mbah Dukun mengatakan...

jadi pingin kuliah kesenian di jogja, agar bisa ane bisa dicuri ama negara tetangga. hmmm apa hubungannya ya?

Eka heriyansah mengatakan...

indonesia kaya tapi kurang pinter -,-"

titanic mengatakan...

setuju sob jangan ambil budaya kita , tapi jika kita punya budaya yg bagus harus dilestarikan Gan, spt batik, tentukan dalam satu minggu harus pakek pakaian batik hehehe.... jika perlu untuk melestarikan budaya mewajibkan anaknya jika ke pesta pakek batik agak ngelantur kali,,,, hehehehe

asuransioke mengatakan...

posting mantap dah mba, suka sy dengan posting ini sptnya mba aja yg tulis artikel ini .... mantap

Alul | al-ste | mengatakan...

kunjungan perdana nieh di blog ini..
salam kenal kawan..

septi ika lestari mengatakan...

hahaha...iya deh,ini lagi ngajuin proposal :D

septi ika lestari mengatakan...

mm...kayanya beda deh.. #eh
iya,beneran beda kok..

septi ika lestari mengatakan...

wah,ditunggu kedatangannya ke jogja :)

septi ika lestari mengatakan...

hahaha...iya,disini ada Institut Seni Indonesia loooo...masuk aja :)

septi ika lestari mengatakan...

setuju..huhu

septi ika lestari mengatakan...

hahaha...tapi idenya boleh juga..
kan emang sebenernya banyak banget cara buat menjaga budaya kita :)

septi ika lestari mengatakan...

haha...makasih :)

septi ika lestari mengatakan...

makasih,salam kenal juga ya :)

ayamSAKIT mengatakan...

benar, kita penerus bangsa harus mau menjaga budaya sendiri, jgn membiarkanya di curi lagi, ingat!!! lebih baik mencegah daripada mengobati, *nahlohh

Alul | al-ste | mengatakan...

datang kembali nieh, untuk meramaikan suasana.. :)

Urang Kampoeng mengatakan...

Sepakat dengan judul dan isinya....semoga saja para pemimpin bangsa ini jangan hanya mau ngurusin PARTAI saja akan tetapi negara ini benar2 diurus baik dari segi ekonominya, kebudayaan, tambangnya dan sebagainya.

septi ika lestari mengatakan...

hohoho...slamat datang kembali :)

septi ika lestari mengatakan...

nahloh...
lo skalinya bisa ngomong bener belakangnya tetep aja mlenceng!
hahaha

septi ika lestari mengatakan...

yap,amin :)