Cangkul-Cangkul di Bulan Menanam Pohon | Pasar Malam di Kepala

Cangkul-Cangkul di Bulan Menanam Pohon

Selasa, 18 Desember 2012
Assalamu'alaikuuuuuuum

hm..... kali ini postingannya bakal agak lempeng ya, yang serius-serius ya, karna masalahnya ini beneran serius. di bulan Desember yang cuacanya nggak pernah jelas, ini saya bakal bahas masalah Menanam  Pohon. iyep, karna bulan Desember ini adalah Bulan Menanam Pohon. (jangan bilang kalian baru tau tentang hal ini?)

Jika engkau berpikir untuk satu tahun ke depan, semailah sebiji benih.
Jika engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon.
(pepatah Cina)

Oke, mengingat sekarang ini pohon-pohon udah diperlakukan semena-mena, Kalian sebagai makhluk yang tinggal di bumi ini pernah kepikiran nggak sih, gimana kalau nggak ada lagi pohon? gimana kalau udah nggak ada lagi yang niat dan kepikiran buat menanam pohon? gimana kalu bulan menanan pohon ini nanti udah nggak ada yang tau? dan ironisnya, gimana kalau pohon hanya jadi legenda buat anak cucu kita dimasa kelak?

Pohon itu kan penghasil Oksigen, makanya, kalo lagi duduk-duduk dibawah pohon kita suka ngerasa nyamaaaaan banget, nah itu karna pohon ngeluarin oksigen, yang akhirnya kita hirup lagi.nah, pohon juga menyerap CO2 alias Karbondioksida, tau kan, CO2 itu sisa napas kita? jadi, oksigen yang kita hirup terus kita pake buat bernafas itu tuh pas kita hembuskan, bakalan udah bereaksi jadi karbondioksida itu, yang akhirnya disedot lagi sama si pohon. Partikel-partikel kotor semacam debu, CO, SO2, dan polutan-polutan lain juga bakal diserap sama pohon, jadi kita bisa menghirup udara yang baik. nah, trus gimana kalau sampe nggak ada lgi pohon, kita mau napas pake apa? mau napas pake udara yang udah kecampur sama debu-debu kotor gitu?
Pohon juga bisa mencegah Banjir dan Tanah longsor loh. gini nih cara kerjanya, jadi, kalo ada pohon, tanah-tanah yang ada didaerah pegunungan bisa ketahan sama akarnya, jadi tanahnya nggak longsor. terus pohon juga menyerap air loh, supaya kalo ujan terus, air yang ada dipemukiman nggak membludak dan jadi banjir. lah, makanya itu, kalo nggak ada lagi pohon, siapa yang bakal mau nyerap air hujan? bisa-bisa kita kebanjiran kan?

makanya, mari kita sadar dengan arti penting dari pohon. apalagi pemerintah kita juga kan udah banyak mencanangkan program-program buat menanam pohon gitu, sampe ada Bulan menanam pohon segala lagi. dan sebagai anak muda, kita harus ikut berpartisipasi dong. mulailah dengan menanam satu pohon, kalo tiap satu orang mau menanam pohon satuuu aja, dampaknya bisa besar banget loh buat bumi kita ini. ya, dalam beberapa taun sih emang  nggak bakal kliatan dampaknya, tapi nanti pasti bakal bisa dirasain kok, kalopun kita nggak kebagian ngerasain dampaknya, ya biar anak cucu kita, generasi setelah kita yang merasakan manfaatnya.
inget ya, dengan menanam pohon, kita juga udah mewariskan bekal kehidupan yang lebih baik buat anak cucu kita.

12 jejak:

Pandu Wijaya mengatakan...

singkat, padat, namun bermutu..

SALAM SOLID
SALAM BSO :D

khaerul al-azmi mengatakan...

pepatah cinanya keren banget, dapet ilmu baru nih.

TQ mbak Septi untuk artikelnya. :D

Ben Nafi mengatakan...

lengkap dengan pepatah cina nehh..
mantab..!
Salam Solid.. :)

sabda awal mengatakan...

*ambil cangkul

tanam phon yok!!

Numero Wan mengatakan...

banyak pohon banyak rejeki :-D

ayamSAKIT mengatakan...

tumben serius ka, ohh ini artikel buat menghijaukan kweword ya ka

Zaenuri Achmad mengatakan...

Pohonya ditanam dulu...
Untuk bekal generasi selanjutnya

Djuju Jojo mengatakan...

menanam pohon walau tak merasakannya sekarang tapi dapat dirasakan kemudian hari :D

selamat menanam pohon

Hay Srulz mengatakan...

saya sudah nanam pohon :eh :nggadayangnanya.
aiya bener.. bulan desember kadang hujan.. kadan panas,, kadang mendung duank.. kadang galau jua.. :eh

Blog Tiar mengatakan...

hah' baru tau kalo bulan Desember musim menanam pohon, , udah telat belum ya kalo nanamnya skarang. mungkin yang nggak telat menanam cinta di hatimu kali ya??

catatan-r10.com mengatakan...

sunah rasulnya kalau tebang pohon musti diganti dgn menanam pohon kembali

*betul ga? cmiiw

Muhammad Hanif mengatakan...

Wah baru taunya Januari ... :D