Gampangnya Menjaga Kebersihan | Pasar Malam di Kepala

Gampangnya Menjaga Kebersihan

Senin, 18 Februari 2013
Assalamu'alaikuuuuum

halo Sobat-Sobat yang dirahmati Allah. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya membahas beberapa bongkah kalimat tentang Gampangnya Menjaga Kebersihan. Eh bentar, kenapa pembukaannya kayak Ustadzah Kampanye ya? haha

Oke, menjaga kebersihan itu sebenernya hal mutlak yang suka disepelein sama orang-orang. Mereka (termasuk gue juga) sebenernya ngerti kalo menjaga kebersihan itu kan sebenernya penting, tapi entah kenapa suka nggak peduli gitu. Padahal kalo diniatin, sebenernya betapa Gampangnya Menjaga Kebersihan itu.

Nih, biar Gampang dipahami juga, ada beberapa Point menyangkut Gampangnya Menjaga Kebersihan. disimak baek-baek ya penongtooong 

1) Gampangnya Menjaga Kebersihan kalo kita PEDULI
    Yap, kita sebagai manusia harus peduli sama kebersihan DIMANAPUN. Kebersihan badan, kebersihan rumah, sampe kebersihan lingkungan. Kita harus peduli bahwa kebersihan itu bukan cuma tanggung jawab petugas kebersihan aja, tapi tanggung jawab setiap orang. Kalo masing-masing orang peduli akan kebersihan, pasti Gampangnya Menjaga Kebersihan  itu bakal terasa.

2) Gampangnya Menjaga Kebersihan kalo kita TERBIASA
    Jadi, kalo kita udah mulai merasa peduli sama kebersihan, tentu kita akan membiasakan diri buat menjaga kebersihan itu kan? misalnya mulai biasa menjaga kebersihan diri sendiri. iya, gimana kita mau jaga kebersihan lingkungan kalo kebersihan diri sendiri aja belom bisa dijaga? contoh kecilnya bisa dengan mulai rajin mandi buat yang tadinya males. hehehe
sebenernya contoh satu itu nunjuk diri gue sendiri sih.
Balik ke topik, nah, setelah kita mulai kebiasaan jaga kebersihan diri, tentu efeknya bakal nular, kita bakal mulai jaga kebersihan rumah, sekolah, atau tempat kerja juga. jaga-jaga dari adanya debu, kotoran, apalagi sampah. dengan terbiasa menjaga kebersihan dimanapun, tentu Gampangnya Menjaga Kebersihan bakal lebih terbukti deh.

3) Gampangnya Menjaga Kebersihan kalo kita DISIPLIN
    Percuma kita peduli, kemudian terbiasa menjaga kebersihan kalo sikap-sikap tersebut nggak didorong oleh yang namanya sikap Disiplin. kita peduli sama kebersihan lingkungan, abis itu terbiasa menjaganya, tapi kita nggak disiplin dalam keterbiasaan tersebut, akhirnya tentu bakal lupa lagi sama yang namanya menjaga kebersihan tersebut.
Jadi, Gampangnya Menjaga Kebersihan akan bener-bener berasa gampang kalo kita membiasakan juga diri kita buat Disiplin. Disiplin terhadap kebersihan diri, dengan rajin mandi, rajin cucui tangan sebelum makan, rajin sikat gigi, rajin bersih-bersih pakaian, rajin beberes rumah. Disiplin juga terhadap lingkungan, dengan jangan buang sampah selain ditempat sampah. Kita harus bisa jadi contoh dan bikin orang lain ikut-ikutan dan percaya akan Gampangnya Menjaga Kebersihan.

4) Yang Terakhir, Gampangnya Menjaga Kebersihan kalo kita Cinta Kebersihan.
    Point yang ini jelas banget. kita bakal ngerasa bahwa menjaga kebersihan itu penting kalo kita emang Cinta terhadap Kebersihan. Kita tentu bakal punya banyak niat buat menjaga kebersihan, sampai timbullah sikap-sikap yang tadi udah disebutin diatas. pokoknya, harus percaya akan Gampangnya Menjaga Kebersihan kalo kita Emang Cinta Kebersihan.

Sekian ya postingan kali ini, jujur, gue sendiri yang nulis juga belom bisa dengan baik menjaga kebersihan diri sendiri, apalagi menjaga kebersihan dilingkungan, itu susah bangeeet. Tapi tentu harus mau berubah, harus percaya akan Gampangnya Menjaga Kebersihan. jadi, semoga postingan ini membantu ya. hehe
oh iya, satu hadist keren yang semoga bisa nambah kecintaan kita terhadap kebersihan nih

"KEBERSIHAN ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.”
(HR Muslim).”

11 jejak:

Uzay mengatakan...

Peduli, terbiasa, disiplin dan dilakukan sekarang. Biar makin cinte sama namanya kebersihan. Kalau di ntar ntar ya.. cintanya juga ntar ntar...

kasih jempol buat si ika...

pondokgue mengatakan...

Wah..
yang jadi masalah itu memulai untuk terbiasa dan disiplin dalam menjaga kebersihan, mbak..
:CMIIW:

catatan-r10.com mengatakan...

hmm kalau begitu aku musti ngerubah habits nih, malu masih suka kotor he he

Obat Luka Diabetes mengatakan...

yes ..
nice this

ayamSAKIT mengatakan...

tumben postinglu kali ini bener ka. lagi kesambet apa. jin puber yaks hahahah

Elyna Fazriyati mengatakan...

peduli-terbiasa-disiplin-cinta kebersihan, sebenernya itu sederhana banget yaaak, tapi lumayan susah juga buat ngelakuinnya :D
tapi tetep harus semangaaaat :)

septi ika lestari mengatakan...

iya bang, harus dimulai dari sekarang ya pokoknya :D

septi ika lestari mengatakan...

hahaha, kalo emang kita cinta kebersihan, itu pasti bukan masalah :D

septi ika lestari mengatakan...

hehe, sama mas sebenernya mah

septi ika lestari mengatakan...

hahaha, entah Yam, mendadak bijak gini gue -_-

septi ika lestari mengatakan...

iya, nulisnya sih gampang, nglakuinnya iyu. hehe
yep, semangaaat :D