Kejujuran Bisa Dibikin Murah! | Pasar Malam di Kepala

Kejujuran Bisa Dibikin Murah!

Senin, 18 Maret 2013
Assalamu'alaikum~~
"Hendaklah kamu selalu berbuat jujur, sebab kejujuran membimbing ke arah kebajikan, dan kebajikan membimbing ke arah surga.<==separuh sabda Rosul, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Yang ngarep masuk surga mana suaranyaaaahhh????
Lihat betapa Rosul kita sangat menjunjung tinggi kejujuran, hm... satu sikap yang kayaknya, mahal banget ya harganya. Bahkan Kejujuran itu sebuah hal yang sering disebut orang-orang sebagai mutiara akhlak, iya, saking berharganya yang namanya kejujuran itu. Sayangnya, aku sendiri juga masih belum sempurna dalam melakoni sikap yang satu ini.Masih sering bohong, walopun bohongnya yang simple-simple, tetep aja dosa!

Kadang, kalo ada hal yang agak nggak enak diomongin, misalnya pas mengkritik atau menyatakan apalah gitu, kita suka nggak jujur, padahal itu tetep aja keitung bohong. Tapi itu sih mending, kalo bohongnya demi menjaga perasaan orang atau demi kebaikan, nah kalo bohongnya beneran karna niat nggak baik, duh, dosanya kan gede! Kita bisa kehilangan kepercayaan dari orang lain, padahal kepercayaan itu sebanding harganya sama kejujuran itu sendiri. mahal cyiin~
Oh iya, aku juga punya temen yang hobi mendustai gituh, alias tidak jujur, alias bohong. Nggak tau kenapa, dia kalo cerita selalu dilebih-lebihkan dan terkesan mengada-ada, awalnya sih kita percaya-percaya aja, tapi sekali dua kali kita tahu kalo ternyata yang dia omongin itu nggak beneran, kita jadi cuek gitu kalo dia cerita sesuatu. hahah

ini salah satu contohnya, iya, cuma salah satu, masih banyak yang lainnya.

TTTJ (Temen Tukang Tidak Jujur) : eh tau nggak?
kita           : enggak -_-
TTTJ        : tetangga aku ada yang mirip Zayn Malik loh, sumpah mirip badaaai
kita           : APPPAAAH?
TTTJ        : iya, pada kaget ya? biasa aja kali.

setelah di cek ternyata yang mirip zayn malik itu cuma upilnya aja, mukanya enggak -_____-"

ilustrasi itu contoh kebohongan yang sepele banget, cuma perkara melebih-lebihkan sesuatu, tapi efeknya, bikin kita-kita jadi menyepelekan juga cerita-cerita dia selanjutnya.

Kalo dipikir-pikir, apa sih untungnya kita bersikap nggak jujur alias bohong? enaknya kan diawal doang, mungkin dengan bohong kita jadi terhindar dari suatu masalah, tapi abis itu apa? bakalan ada saatnya ketidak jujuran itu ketahuan, dan kalo sampe ketahuan pasti malu banget. huehehe *penulisnya curhat*
Sikap tidak jujur itu juga sifatnya berantai, dari satu kebohongan menimbulkan kebohongan lain, jadi efeknya berkepanjangan kan? dosanya juga panjaaaang, malaikatnya sampe bingung mau dicatet di buku amal siapa, buku amalnya abis buat nyatet dosa bohongnya :p

Aku bingung mau nulis apa tentang Kejujuran, soalnya aku bukan orang yang sepenuhnya jujur, jadi tulisan ini sebenernya lebih buat diri sendiri aja sih, dan kalau ada yang baca ini, semoga terbuka, semoga bisa ikutan berniat buat memperbaiki diri ya. makin hari makin ilang sifat tidak jujurnya, makin dekat juga dengan kebaikan dan buah dari kejujuran tersebut. nggak papa ngerasain pahit, anggep aja itu suatu pohon yang kelak akan berbuah manis.






29 jejak:

win3 mengatakan...

kejujuran jika ddibikin murah maka jadinya Jur -Juran ( acak acakan /hancur ), dan sekarang susah mencari orang yang jujur.

Indah P mengatakan...

ceritanya asik banget, menarik utk di jadikan inspirasi. makaih jeng share nya

zie mengatakan...

yang berlebihan emang nggak baik, termasuk becandaan.

ayamSAKIT mengatakan...

kejujuran. emmmmm sesuatu yg sebenarnya simple tapi susah buat di apresiasikan sihhh... keren lu ka, post yang "agak" mendidik.... Kompor gas *lohhhh

septi ika lestari mengatakan...

insyaallah nggak susah kok, pasti masi banyak orang jujur disemesta ini :D

septi ika lestari mengatakan...

cerita apa? -_-
iya sama-sama :D

septi ika lestari mengatakan...

iya ya bang, kalo dalam becandaan bisa nyinggung.

septi ika lestari mengatakan...

iya, emang masih sulit. hehe
siippp, kebakaran!

Elyna Fazriyati mengatakan...

ahahhahahaa itu dialognyaaa...
aku juga masih suka boong kok.. tapi dikit dikit di kurangin, takut ketulah ntar >.<

Dani Siregar mengatakan...

Mungkin bukan kejujuran yang mahal, tapi kebohongan itu yang terlalu murah.. Gratis malah.. ˆ⌣ˆ

BlogS of Hariyanto mengatakan...

kejujuran itu memang terkadang pahit...tapi harus tetap diutamakan terutama dalam mengejar kebaikan dunia akhirat...salam :-)

Anonim mengatakan...

Hold down an app for a second, and start turning off all the apps that you aren't using by pressing the "minus" button. As you lift out the screen you'll
see it is still attached via a ribbon cable. Both Intel and AMD
contain information built in the processor to allow the processor to be used efficiently with mobile computing saving on
battery life while giving the best performance.


Feel free to surf to my web site :: http://mt.sh.se/mtc/mediawiki/index.php?title=Use_The_Internet_To_Help_Build_Your_Business9303997

Anonim mengatakan...

When you quit, you can immediately feel its decision within
24 hours, health benefits, which can cause you to not smoke forever.
Hold your device on end to locate two small screws on either side of
the dock. For the first generation, you'll need to release the back cover from the unit by running a shim along the edge of the unit to release all of the clips holding the backing on.

Also visit my web-site http://hy.hs.pe.kr

Anonim mengatakan...

The most attractive feature of an online radio tuner
is its ability to record what you're listening to. Her first movie was Holiday in the Sun in the year 2001, Help in the year 2004. As a gadget, it's out of this world; as a
functional laptop, I'm not so sure.

my blog 403 Forbidden

solo mengatakan...

sekali bohong, bakal bohong terus deh pasti..

Muhamad iyan mengatakan...

Sebab kejujuran adalah jalan menuju kebahagiaan.

Ario Antoko mengatakan...

aku sudah sering dibohongi dan aku tak suka :|

septi ika lestari mengatakan...

hehehe, sama lah, aku juga masih kadang-kadang. untungnya dalam hal hal kecil aja :3

septi ika lestari mengatakan...

iya, kebohongan terlalu murah, terlalu menggoda. #lah

septi ika lestari mengatakan...

iya, di akhirat buah kejujuran pasti manis loh yaaa :D

septi ika lestari mengatakan...

iya, bohong itu candu~

septi ika lestari mengatakan...

#Tsaaahhh

septi ika lestari mengatakan...

kalau begitu jangan perbah membohongi :)

Adittya Regas mengatakan...

subhanawllah betapa Allah itu maha adil lagi maha penyayang
jujur itu memang agak susah diungkapkan, terkadang kita jujur dan kejujuran itu bisa buat orang yang kita jujurin jadi marah. *pasang kopiah*

Ario Antoko mengatakan...

kalau ga mau jujur maka pilihannya diam saja, jangan bohong

septi ika lestari mengatakan...

iya ya mas, berasa pait, tapi itulah barang berharga yang kita musti punya dihati :')

aqomadin mengatakan...

liat liat orang kali ya klo untuk menilainya, yg suka bercanda mungkin bohong demi untuk bisa deket kali ya.

Yahya mengatakan...

Ikut nyimak aja mas. ane kunjungan pertama nih, lam kenal

Ario Antoko mengatakan...

nunggu update blog ika :D