Bareng-Bareng Cegah Pelecehan Seksual | Pasar Malam di Kepala

Bareng-Bareng Cegah Pelecehan Seksual

Kamis, 18 April 2013
Assalamu'alaikum

kali ini nyolong-nyolong waktu, ngetiknya di tengah-tengah PKL, disaat pak pembimbing ngawas UTS kakak-kakak mahasiswa. mhuahahahaha aku korupsi -_-

btw, ayok kita bahas tentang sexual harassment, iya itu bahasa inggris, susah ngetiknya, pokoknya itu artinya pelecehan seksual. belakangan ini kan banyak ya berita tentang begituan. aku sebagai cewek unyu aja jadi was-was gitu kalo kemana-mana. soalnya kan pelecehan seksual yang di berita-berita gitu kejadiannya juga banyak yang di tempat umum, di angkot, di bus, di mana-mana. serem yaaa serem. apalagi banyak juga ditemui kasus beginian yang jadi korban adalah anak dibawah umur, aduh kasian.

Pelecehan Seksual itu luas loh ya, nggak cuma tindak pemerkosaan aja, nggak cuma grepe-grepe aja yang disebut pelecehan seksual. Kalo misalnya ada yang ngeliatin terus kita merasa risih, itu juga katanya masuk pelecehan seksual loh. apalagi yang suka ngegodain cewek lewat, nah itu masuk pelecehan seksual mukhofafah, hahaha

Seremnya adalah, pelecehan seksual ini tuh hubungannya kan sama masa depan juga yaaa, iya kalo cuma digrepe-grepe, nah kalo sampe di anu-anu, duh agak gimana gitu ngetiknya -___-"
pokoknya itu lah, yang baca juga pasti ngerti deh maksudnya. iya, itu. kalo udah kaya gitu kan kasian korbannya, kasian banget, cewdih :(

Makanya, kalo ada yang beranggapan pelecehan seksual itu masalah ringan, aaaaa kamu salah besar, iya anggapan yang kayak gitu salah pake banget. Justru ini masalah besar. Lagian kalo dalam islam, melakukan tindak kriminal macam itu hukumannya sadis loh! orang zina yang sama-sama suka aja bisa dirajam, apalagi yang menzinahi. Sayangnya, kalo hukum di Indonesia kok lemah ya, masa pelaku pelecehan hukumannya cuma sekitar 15 tahun penjara, ih padahal kan korbannya menderita nggak cuma 15 tahun, bisa seumur hidup!

Baiklah, sekarang aku cerita caranya nyegah pelecehan seksual aja yaaa, aku bingung mau nulis apa soalnya.

1) Jangan Mancing
iya, ini biasanya pelecehan seksual itu terjadi gara-gara pelakunay kepancing juga sama si korban. bukannya mau nyalahin korban, tapi gimana ya? ibaratnya kalo nggak mau dibeli ya jangan ngejual. sebagai cewek, pake pakaian yang rapi, walopun nggak tertutup banget. Ya kalo yang muslimah sih kan emang udah diwajibkan menutup aurat (udah tau kan bagian mana aja aurat kita?), buat yang non yaaa, pokoknya jangan bikin ngiler aja deh.

2) Jangan Keluyuran
Ini kalimat andalan mamak ke aku, iya, aku dari kecil nggak pernah dibolehin keluar kalo alesannya cuma mau main. Katanya kalo anak cewek harusnya anteng dirumah aja. Cewek kalo main terus itu saru diliat orang, wagu. Jadinya aku kuper, jadinya aku nggak gaul, jadinya aku suka minder ngeliatin temen-temen yang kalo hari libur suka pada maen jalan-jalan bareng-bareng ketawa-ketiwi wira-wiri sana-sini. aku sirik. Tapi aku bersyukur bahwa mamak sama bapak sangat peduli.

3) Ajak Temen
Kalo kepepet pergi kemana-mana ya usahakan jangan sendirian. percaya atau enggak, sampe umur 17 tahun ini aku kalo ke pasar malem masih sama bapak sama mamak loh, iya, nggak pernah dibolehin pergi sama temen, nanti nggak ada yang ngejagain katanya. ini kok jadi curhat ya -_-
Tapi dibalik kekangan itu semua, aku sadar kok hikmahnya indah banget :)

Oke, segitu dulu yaaaaaaa, intinya sih bahwa kita harus sama-sama mencegah pelecehan seksual, bukan cuma menyalahkan yang udah kejadian.


*ini postingan telat, harusnya diposting dari jam 9 tadi, tapi aku beneran nggak sempet bikin, sumpah lagi riweuh banget, semoga temen-temen BSO memaklumi. -_-
sekalian mau minta do'a buat adek yang kemarin oprasi, dan nenek yang sempet kritis, semoga keduanya segera dipulihkan :)

11 jejak:

Indah P mengatakan...

wah..sangat setuju nih dgn semua ini. emang sudah mengkhawatirkan saat ini,. byk kasus2 pelehan thd anak2 sekolah

Kang Harjo mengatakan...

Jangan mengundang orang untuk berbuat kejahatan, dan usahakan pergi bersama teman merupakan pilihan yang baik agar terhindar dari pelecehan seksual... Dan jangan Lupa juga Berdoa sebelum pergi agar terhindar dari hal-hal yang tidak baik... :)

Glen Tripollo mengatakan...

Tipsnya suka deh. Singkat padat jelas. Hehehehe... manteb, gue bener2 kagum sama usaha kamu nyelesein postingan ini di hari yg udah ditentukan... :D

aqomadin mengatakan...

Luar biasa semangatnya. Dampak buruk yang bisa jadi trauma yg nggak berkesudahan

Elyna Fazriyati mengatakan...

buat adek sama neneknya ika semoga lekas membaik dan cepet sembuh yaa sayaaang :) aamiin...
betewe, itu yang point pertama, jangan mancing, kirain mancing ikan. ga taunyaaa.. hihiihii...
semangat terus yaaak buat PKL nya!!! :D

angga mengatakan...

tipsnya oke juga.
slam hngat blogger :)

rendi mengatakan...

laki2 yg mlakukan plcehan seksual kyaknya bkan trlahir dr rahim seorang kali yaa :D

aryo mengatakan...

kalo hukum d indonesia ini memakai hukum islam kyaknya kejadian kriminal apapun bsa terminimalisir deh.

rahmat mengatakan...

tips2nya sya stuju tuh, krn smua brawal dr diri kita sndiri.

Ario Antoko mengatakan...

perempuan memang sebaiknya di rumah, bahkan di arab yang belanja kebutuhan rumah tangga itu laki-laki loh

makanya perempuan jarang terlihat di pasar/mall

adam mengatakan...

sip, nice info
betul, itu, mencegah lebih baik daripada mengobati

:)